Tuesday, April 11, 2017

Cara Membuat Letak Nomor Halaman Yang Berbeda Pada Microsoft word

Pada postingan kali ini blulukz blogz akan membantu kalian yang sedang mengalami kesulitan dalam memberikan penomoran dengan letak yang berbeda-beda dalam satu dokumen, biasanya dalam pembuatan proposal, skripsi ataupun karya ilmiah lainya. Contoh pada kasus ini biasanya ketika kita ingin meletakan nomor halaman pertama pada bagian bawah dan melanjutkan nomor halaman kedua pada bagian atas serta pada penomoran pada halaman lainya yang perlu di atur. Langsung saja kita belajar dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini :

1) Siapkan sebuah naskah atau tulisan dengan beberapa halaman. Pada tutorial kali ini kita akan memberikan penomoran dengan ketentuan nomor halaman pada halaman pertama diletakan di bagian bawah dan halaman kedua diletakan di bagian pojok kanan atas halaman.

2)  Letakan kursor pada halaman pertama, selanjutnya klik Insert kemudian klik Page Number lalu pilih Top of page, selanjutnya pilih Plain Number 3 (penomoran pada bagian pojok kanan atas). lalu sesuaikan ukuran dan jenis hurufnya, setelah itu klik close header and footer. Sampai disini dokumen sudah memiliki nomor halaman pada bagian pojok kanan atas secara berurutan.





3)  Langkah selajutnya adalah dengan meletak kursor dibagian akhir tulisan pada halaman pertama, setelah itu klik Page layout, pilih breaks lalu klik Next Page.




4) Selanjutnya double click pada nomor halaman di halaman pertama, kemudian centang pada bagian different first page. setelah itu nomor akan hilang. kemudian klik lagi Page Number lalu pilih bottom of page lalu klik Plain Number 2.(sesuaikan jenis dan ukuran huruf ), selanjutnya klik Close header and footer. Sampai langkah ini nomor halaman telah berpindah pada bagian bawah.

 



5) Pada tahap diatas kalian telah selesai dalam mengatur tata letak penomoran halaman.

Selanjutnya jika kalian ingin mengubah tata letak penomoran dihalaman yang lain, kalian  ikuti langkah selanjutnya sebagai berikut :

6) Letakan kursor dibagian akhir tulisan, letakan kursor dihalaman terakhir sebelum halaman yang ingin kalian ubah tata letak halamanya. Contohnya ketika kalian ingin mengubah tata letak penomoran halaman 3, maka kalian letakan kursor dibagian akhir  tulisan pada halaman sebelumya yaitu halaman 2.



7) Setelah kalian letakan kursor diakhir tulisan (sesuai langkah diatas nomor 6) , kalian klik menu page layout, klik ikon breaks lalu pilih Next breaks.


 8) Selanjutnya kalian double click nomor halaman di halaman yang kalian ingin ubah, setelah itu klik centang ikon different first page seperti gambar dibawah ini. setelah kalian klik ikon tersebut maka nomor pada halaman ini akan hilang.

 
9) Langkah selanjutnya setelah nomor halaman pada halaman ini menghilang adalah kalian klik ikon page number, lalu pilih bottom of page dan klik plain number 2. (setelah nomor halaman keluar dibagian bawah selanjutnya atur ukuran dan font nomor), setelah selesai klik ikon close header and footer.



 
10. Sampai saat ini semua langkah telah terselesaikan dengan hasil sebagai berikut :  



Terima kasih telah membaca tulisan tutorial sederhana ini, jika kalian mengalami kesulitan silahkan komen pada kolom komentar.

see you.......


Unknown

Semoga tulisan yang saya buat bisa membantu pembaca sekalian dan berilah komentar yang baik serta membangun

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright @blulukz company 2013